RSS

Navigation : Home / / Article : MAU, Mengenal Teh untuk Kesehatan

MAU, Mengenal Teh untuk Kesehatan

Selasa, 01 November 2011 | No Comments | Labels :



Rasanya tidak ada orang Indonesia yang tidak mengenal teh. Tradisi minum teh sudah menjadi rutinitas harian masyarakat Indonesia. Dalam keseharian masyarakat kita, teh hadir dengan berbagai sajian dan di berbagai kesempatan.

Kenali Dulu Dia.

TENTANG TEH

· Teh merupakan tanaman daerah tropis dan subtropis yang secara ilmiah dikenal dengan Camellia Sinensis. Tanaman ini tumbuh di daerah tropis dan subtropis dengan curah hujan tidak kurang dari 1.500 mm mungkin. Untuk bertumbuh tanaman the butuh kelembaban tinggi dengan temperature udara antara 13 – 29,5o C. Inilah alasan mengapa teh sering kita jumpai di dataran tinggi dan pegunungan yang berhawa sejuk.

· Bagian yang dibutuhkan untuk membuat teh adalah produk adalah pucuk daunnya. Karena itu, si Camellia harus salalu dipangkas agar memunculkan banyak pucuk daun dan mudah memetiknya.

· Ada sekitar 3000 lebih jenis teh hasil perkawinan silang, tetapi secara umum hanya dikenal 3 macam the hasil proses, yaitu teh hijau, teh oolong, dan teh hitam.

· Teh hitam dibuat dengan merajang daun teh dan dijemur di bawah sinar matahari sehingga mengalami perubahan kimiawi sebelum dikeringkan. Perlakuan tersebut akan meyebabkan warna daun menjadi coklat dan memberi cita rasa the hitam yang khas.

· Teh hijau adalah jenis teh tertua, amat disukai terutama oleh masyarakat Jepang dan Cina. Disini daun teh mengalami sedikit proses pengolahan, hanya pemanasan dan pengeringan sehingga warna hijau daun dapat dipertahankan.

· Sedangkan teh oolong lebih merupakan jenis peralihan antara teh hitam dan teh hijau.

Meskipun baik buat kesehatan, bukan berarti kita boleh minum teh sesukanya. Saat minum teh hijau tidak dianjurkan meminum terlalu kental atau.

0 Responses to "MAU, Mengenal Teh untuk Kesehatan"

Leave a Reply